Rabu, 12 Januari 2011

Macbeth di Indonesia

matcbathJakarta (NewsFlash) - Memiliki satu kegemaran yang sama merupakan salah satu alasan mengapa suatu kelompok tertentu membuat suatu komunitas. Hal demikianlah yang menjadi pikiran pecinta produk Macbeth untuk mencetuskan untuk dijadikan suatu komunitas.
Awal mulanya berawal dari forum Kaskus, mereka saling sharing atau hanya sekedar menyapa. Namun, tidak diduga perkembangannya kian membludak. Hingga akhirnya diresmikanlah pecinta produk Macbeth itu menjadi  komunitas yang dinamakan Griffon’s Army. Lalu apa keunikannya?

Saat dijumpai di restoran siap saji kawasan Kemang. Terlihat dipintu masuk, kita mampu mengetahui siapa saja anggota dari Griffon's Army tersebut. Saat mengantri memilih makanan, tampak sederetan kalangan anak muda yang kompak memakai sepatu Macbeth. Tidak salah lagi mereka pasti sebagian kelompok dari komunitas Griffon’s Army yang sedang gathering setiap bulannya.

Di lantai dua restoran tampak lebih dari 20 orang sedang asik ngobrol soal pengalaman bagaimana cara merawat sepatu, tempat diskon penjualan produk Macbeth dan lainnya. Meski tidak begitu lebih dari 50 orang, namun kekompakan mereka tampak jelas terlihat dari meja yang disatukan hingga menjadi sekumpulan orang sedang reuni.

GA atau sebutan Griffon’s Army mungkin banyak orang yang heran dengan nama tersebut. Jika mereka menyukai sepatu Macbeth, mengapa tidak menamakan komunitasnya yang menyinggung soal merk sepatu buatan Amerika tersebut. Ada alasan kuat sehingga mereka tidak memakai nama merk tersebut sama sekali. “Kita takut melanggar hak cipta merk tersebut,” kata Michael (23), Ketua Regional Jakarta.

IMG_7986Selain itu, G'A pun membantu orang yang penasaran dengan Macbeth untuk lebih mengenal produk ini. Setiap harinya mereka ulet dalam menggali info penting penting soal resensi produk terbaru, dimana saja tempat penjualannya, berapa harganya  yang dapat dilihat melalui Facebook maupun forum kaskus.

“Walaupun sepatu atau produk lainnya ini memang tergolong cukup mahal. Makanya kita beritahu harga serta lokasi yang melakukan diskon agar mereka bisa menabung dulu dan tahu dimana cara mendapatkannya,” ucapnya.

Mereka melakukan pertemuan sebulan dua kali. Tidak ada tempat khusus bagi mereka jika mengadakan pertemuan. “Asalkan teman-teman setuju di tempat A, ya sudah kita ke sana. Kita nggak mau nentuin tempat yang pasti. Kasian juga takut teman-teman kejauhan,” kata Michael.

Berhubung Griffon’s Army memiliki berbagai regional. Khusus Jabodetabek mereka selalu kumpul bersama. “Daripada nongkrong sendiri-sendiri, makanya kita gabungin, jadi terjalin silahturahmi antar regional,” pungkas Michael kembali.

Selama ini GA rutin melakukan kegiatan tahunan. Di antaranya bakti sosial dan berbagai kerja sama event-event musik. Sayangnya niat yang baik mengenalkan produk Machbeth belum mendapatkan respon yang cukup dari pemegang merk Macbeth pusat. “Kita ingin didukung sama oaring pusat, selama ini kita membantu penjualan dan memamerkan produknya,” ungkap Rendy (19) tamu dari regional Yogyakarta yang ikut bergabung pada family gathering ini.

Dari sekian pengalaman yang didapat, ada cerita yang membuat GA bisa dikatakan cukup membanggakan. Biasaanya mereka sering buat kaos seragam yang dijual bagi anggotanya berlogo Griffon’s Army. Nah baru seminggu jadi ternyata sempat ada yang meniru. “Terkejut sekali saat datang ke Taman Puring, ternyata  ada yang jual kaos kita. Bener-bener nggak menyangka deh pokoknya,” sahut Rendy kembali.

Izzi (21), salah satu anggota GA yang sudah bergabung lebih setahun ini, mengenal Griffon’s Army dari forum kaskus.  Pertama kali suka  dari gitaris Blink 182 memakai sepatu Macbeth. Dari sana dia mulai mencari sepatu yang pernah dipakai oleh salah satu personil band luar tersebut. “Di sini kita dapat banyak teman, sharing soal perawatan,” kata Izzi. Ia juga mengaku perawatan sepatunya mirip perawatan tubuh perempuan yang setiap harinya dibersihkan.

Tidak ada syarat khusus untuk masuk ke Griffon’s Army. Yang penting dia pakai produk Macbeth yang asli. “lebih baik pakai sepatu asli tapi sudah robek dimana-mana, daripada pakai yang palsu,” kata Michael.

Dengan memiliki lebih dari 10 regional di kota besar di Indonesia, memudahkan masyarakat yang ingin bergabung dapat mudah dijangkau. Seperti Jakarta, Malang, Medan, Pekan Baru. Bandung, Yogjykarta, Kediri, Solo, Banjarmasin, Samarinda, Makasar, Kediri, Bali dan daerah lainnya.

Komunitas Griffon’s Army
Forum Macbeth, Fasion: Macbeth part 3
Telepon: Michael: 0899238626, Rendy: 085742353834

Hasballah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar